Slide 3

Psychological Test & Assessment Center

Merupakan jasa layanan yang membantu client dalam rangka melaksanakan test Psikologi dalam rangka menggali potensi maupun program assessment center dalam rangka melakukan evaluasi kompetensi jabatan.

Apa itu Psychological Test ?

Psychological Test atau biasa disebut Psikotes merupakan alat atau sarana bagi psikolog untuk dapat memahami secara utuh berbagai aspek psikologi individu agar dapat memberikan gambaran (profil psikogram) setiap individu yang mengikuti tes.

Terdapat 3 aspek yang diukur, pada pelaksanaan Psikotes, yaitu : kecerdasan, kepribadian dan juga sikap atau cara kerja.

Aspek kecerdasan digunakan untuk mengetahui kecerdasan secara umum atau kecerdasan secara spesifik seperti kemampuan analisa atau kemampuan berhitung.

Aspek kepribadian digunakan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar, lingkungan baru maupun tugas-tugas baru dan lain sebagainya.

Sedangkan aspek sikap atau cara kerja digunakan untuk mengetahui semangat kerja, motivasi berprestasi, kerja sama dalam tim, kepemimpinan, inisiatif dan lain sebagainya.

Umumnya Psikotes digunakan untuk menggali potensi seseorang saat :  

Program jasa Psikotes di Q.One Consulting dilaksanakan oleh para  Psikolog yang telah berpengalaman.

Apa itu Assessment Center ?

Assessment center merupakan salah satu cara/metode untuk melihat ataupun menguji kompetensi dalam metode assessment center, seseorang yang menguji atau memberikan suatu tes kepada orang lain yang akan dilihat kompetensi yang dia miliki disebut sebagai Assessor, mengacu kepada standar kompetensi jabatan yang telah di tetapkan oleh perusahaan.

Seseorang Assessor bukan hanya dari lulusan psikologi ataupun psikolog, namun orang-orang yang berkecimpung dalam bidang manajemen dapat juga menjadi seseorang Assessor, jika mereka sudah mengikuti pelatihan untuk menjadi Assessor dan telah lulus, serta mendapatkan sertifikat uji kompetensi assessor, yaitu Assessor Competency Assessment Center (ACAC).

Metode pelaksanaan Assessment Center

Metode pelaksanaan Assessment Center, seseorang assessor dapat menggunakan 2 atau lebih tools/alat tes untuk menguji Assesse. macam-macam alat tes/tools yang dapat digunakan Assessor untuk menguji Assesse, antara lain:

Case Study :

Assessor memberikan assesse kasus-kasus, dan dilihat apakah assesse dapat memecahkan masalah tersebut.

Role Play :

pada saat pengujian, Assessor ikut berperan ketika Assesse akan melakukan tugas-tugas yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.contoh: assesse adalah seseorang sekretaris. untuk melihat bagaimana seseorang sekretasis dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya, seperti menyampaikan pesan klien ke bos dia. Assessor dapat menjadi seorang bos dan akan menerima informasi dari sekretarisnya.

In basket :

Assessor memisahkan tugas-tugas dan meminta assesse untuk menyatukan kembali tugas-tugas yang berserakan tersebut. ini akan dilihat atau diuji kompetensi assesse dalam memilah-milah tugas dan memasukkantugas tersebut kesuatu tempat sesuai dengan tempat semestinya tugas itu berada.

Group Disscusion :

Assessor menguji assesse dalam berkomunikasi dengan rekan kerjanya, melihat keikutsertaan assesse dalam sebuah diskusi kelompok.

Presentasi :

Setelah assesse menyelesaikan tugasnya, assesse diharuskan untuk mempresentasikan hasil kerjanya kepada atasannya dan rekan kerjanya.

Umumnya Assessment Center digunakan untuk menguji kompetensi seseorang saat pelakasanaan : 

Formulir permohonan pelaksanaan Psikotes atau Assessment Center

Anda juga dapat melakukan pendaftaran peserta dengan cara download formulir pendaftaran dengan button berikut