Handling Complaint With The Whole-Hearted

Didalam kehidupan kita sehari-hari, apakah kita pernah mendapatkan komplain?
Katakanlah komplain dari keluarga kita sendiri, anak atau pasangan kita, atau bahkan dari lingkungan terkecil kita, seperti tetangga dan sanak saudara?
Lalu bagaimana dengan perasaan kita ?

Nyamankah hidup kita dengan Komplain yang kita terima?

Mari Kita Satukan Pemahaman Mengenai Komplain. Apa Itu Komplain?
  • Komplain merupakan suatu input, feedback yang diberikan oleh customer kepada  perusahaan.
  • Jika kita mau lebih memaknai arti komplain itu sendiri, bahwa jika ada customer yang mengajukan komplain, ini menunjukan bahwa customer tersebut sayang, peduli, care, penuh perhatian terhadap perusahaan kita.

Pihak perusahaan harus sadar, aware, buka  hati – buka mata, bahwa komplain yang diajukan  memiliki maksud yang baik, tujuannya agar kita harus lebih meningkatkan mutu produk dan service-pelayanan kita kepada customer.
Lalu, bagaimana dampak komplain terhadap perusahaan yang tidak dapat menyelesaikan komplain dengan baik?

Jika ternyata diperusahaan tersebut tidak mempunyai tenaga yang expert-ahli dalam how to handle complaint, maka dapat diprediksi satu persatu customernya akan meninggalkannya. So, bagaimana jika komplain tersebut terjadi secara global society? dapatkah kita bayangkan apa yang akan terjadi?

Permasalahan Yang Menyebabkan Sering Terjadinya Customer Complaint
  • Dibutuhkan suatu investigasi, reset, apa sebenarnya akar permasalahan yang menyebabkan sering terjadinya Customer Complaint.
  • Hal ini sangat penting untuk menentukan action dengan menggunakan  Key-Words serta strategy yang tepat sasaran.
Problem Solving Analysis

Bagaimana caranya melakukan identifikasi masalah,  analisa serta perbaikannya dengan Key-Words – Strategy  yang tepat sasaran

  • Identifikasi
  • Analisa
  • Action
Tujuan training Handling Complaint with The Whole-Hearted
  • Peserta memiliki pengetahuan serta mengerti konsep dasar tentang Handling Complaint
  • Peserta dapat mengetahui kunci sukses dalam Handling Complaint dan dapat diaplikasikan didalam pekerjaan
  • Peserta mampu melakukan suatu terobosan dengan strategy jitu yang akan diperoleh didalam training agar menemukan win-win solution jika terjadi Complaint dan  dapat memuaskan serta memenuhi kebutuhan customer

Berdasarkan pemaparan diatas, bersama ini Q.One Consulting secara khusus menyajikan program Training Handling Complaint with The Whole-Hearted, dengan konsep 70 % simulasi dan 30 % lecture.

Tahapan Pelaksanaan
Chapter 1: Overview Complaint Issue
  • Fenomena, isu-gejala yang berhubungan  dengan komplaint  untuk dicari solusinya
  • Overview Complaint

Summary

  1. Memahami alur Company Life Cycle Business
  2. Mengetahui konsep dasar Complaint
  3. Basic knowledge  Complaint based on Literature
  4. Menumbuhkan pemahaman bahwa jika ada Complaint harus segera dicari solusinya
Chapter 2: Complaint Reason
  1. Faktor-faktor yang menyebabkan  terjadinya  Complaint
  2. Complaint Impact

Summary

  1. Identifikasi akar permasalahan serta memahami faktor-faktor yang menjadi pemicu terjadinya Complaint
  2. Analisa dampak positif-negatif complaint terhadap diri kita sendiri dan sektor bisnis
Chapter 3: Life Principles Dealing With Handling Complaint

Summary:

  1. Prinsip-prinsip kehidupan yang menjadi landasan  kuat  untuk  Handling Complaint
  2. Dibutuhkan suatu tekad yang bulat , kerja cerdas serta ketulusan hati untuk Handling Complaint
Chapter 4: Key Words-Method In Handling Complaint

Summary: Dibutuhkan suatu Metode yang tepat sasaran untuk Handling Complaint,  ESOP Method

Target Peserta
  • HRD/Human Capital: Staff, Supervisor, Manager
  • Non HRD/Human Capital: Staff, Supervisor, Manager
Mengapa Memilih Q. One Consulting?

Kami telah berpengalaman di bidang HR training dan consulting sejak November 2010. Didirikan oleh seorang praktisi dan akademisi dalam bidang MSDM dan didukung oleh tim yang terdiri dari para praktisi dengan spesialisasi di bidang HR, menjadikan kami yakin dapat menjadi mitra bisnis professional untuk organisasi anda.

Selain menjadi mitra bagi HR training dan consulting, Q.One Consulting (qoneconsulting.co.id) telah mengembangkan bisnis sebagai PJK3 dengan brand Lenterasafety (lenterasafety.co.id). Delapan tahun perjalanan bisnis kami, Q.One Consulting telah memiliki client lebih dari 100 perusahaan dengan 90% diantaranya adalah PMA Jepang yang tersebar di Kawasan Industri di Bekasi, Karawang, Jakarta, Tangerang, Bogor & sekitarnya.

Investasi Dan Fasilitas Peserta

Rp. 1.000.000 / peserta

Special price untuk pengiriman >2 peserta DISCOUNT Rp. 150.000 / peserta

Fasilitas Peserta:

  • Certificate
  • Lunch
  • Coffee Break
  • Goodie Bag
  • Block Note
  • Ballpoint
Venue

Hotel Santika, Cikarang
Jl. Raya Cikarang – Cibarusah, Pasirsari, Cikarang Selatan
Bekasi, Jawa Barat, 17530

Profil Trainer

Mulyadi, SE., MPI

Berpengalaman dibidang keuangan dan perbankan selama 25 tahun, sudah pernah menduduki berbagai macam posisi jabatan mulai  dari Staff hingga Senior Manager. Sewaktu masih berdinas, menjadi salah satu Trainer di Learning Center di Jakarta yang dimiliki oleh Institusi Perbankan tempat beliau bekerja. Mendapatkan berbagai macam Penghargaan dari Top Manajemen karena prestasi yang diraih. Mengikuti berbagai macam Training, baik yang diselenggarakan oleh Internal maupun Eksternal.

Menyelesaikan Program Magistar di Institut Pertanian Bogor (IPB), beliau juga menjadi salah satu Dosen dibidang Manajemen, Banking and Financial disalah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Dengan berbekal pengalaman serta educational background yang dimilikinya, beliau mempunyai  kemampuan dan pengalaman memberikan  training, dibidang keuangan, perbankan, communication skill, serta product development strategy, adapun modul program training yang menjadi  fokus beliau, diantaranya adalah :

  • Handling Complaint with The Whole-Hearted
  • Product Development Strategy
  • Selling Skills
  • Service Excellence
  • High Productivity through High Confidence
  • Communication and Presentation Skills
  • Financial Planning for Households

 

Silakan download katalog Q.One Consulting untuk info terkait profil perusahaan, program, jadwal training/workshop dan lainnya.

Tertarik mengikuti program training ini? Silakan daftar dengan mengisi form registrasi.

  • 00

    days

  • 00

    hours

  • 00

    minutes

  • 00

    seconds

Date

Jan 23 2019

Time

8:30 am - 4:30 pm

Cost

Rp. 1.000.000

Location

Hotel Santika, Cikarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *