How To Enhance Managerial Competency Through Coaching

Menjadi pemimpin bukan hanya sebatas tittle position pada pekerjaan. Menjadi pemimpin artinya harus bisa mengembangkan dan membawa organisasi kearah yang lebih baik. Seorang pemimpin diharapkan untuk beralih dari pekerjaan harian yang termasuk dalam technical competency, kea rah pekerjaan yang termasuk dalam managerial competency.

Mari kita refresh pengetahuan mengenai managerial competency. Managerial competency  merupakan kompetensi yang berhubungan dengan berbagai kemampuan manajerial yang dibutuhkan dalam menangani tugas organisasi. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan menerapkan konsep dan teknik perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan evaluasi kinerja unit organisasi, juga kemampuan mendayagunakan kemanfaatan sumberdaya pembangunan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

Lalu, adakah cara untuk bisa meningkatkan managerial competency? Tentu saja Ada.

Bagaimana caranya? Yaitu melalui coaching.

Apa Itu Coaching?

Coaching merupakan suatu metode untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan dan kapasitas setiap orang sehingga berhasil mencapai sasaran kerjanya.

Mengapa Harus Coaching Dan Apa Manfaatnya?

Karena coaching memfasilitasi setiap individu untuk belajar dari dirinya. Sehingga dapat memfasilitasi individu untuk menyadari apa saja yang menjadi penghambat dalam kinerjanya. Dengan begitu, individu akan menemukan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Bagaimana Bisa Meningkatkan Managerial Competency dengan Coaching?

Melalui alur iGROW, peserta akan didorong untuk dapat memberdayakan dan memaksimalkan potensi yang dimiliki. Kemudian peserta akan diajak untuk menetapkan tujuan atau sararan yang ingin dicapai melalui coaching, yaitu meningkatkan kemampuan managerial competency. Untuk mecapai tujuan tersebut, peserta akan diminta untuk memahami kondisi actual dalam pekerjannya, kemudian diarahkan untuk membangun alternative solusi untuk kondisi actual tersebut hingga merumuskan tindakan dan komitmen apa yang akan dilakukan untuk dapat meningkatkan managerial competency.

Berdasarkan pemaparan diatas, bersama ini Q.One Consulting secara khusus menyajikan program Workshop Coaching and Counseling, dengan konsep 70 % simulasi, 30 % lecture dan tentunya dipandu oleh Fasilitator bersertifikat Professional Coach dari International Coach Federation (ICF).

OUTLINE TRAINING
Chapter I : Organization Challenge
  • Organization Focus in Global business condition. 3 hal utama yang menjadi fokus perusahaan : Change Management, Leadership Development & Performance Management
  • Change Management. Overview  era  VUCA  (Volatility,  Uncertainty,  Complexity,  and Ambiguity) Apa saja yang berubah di era VUCA dan bagaimana menyikapi perubahan tersebut?
  • Leadership Development. Berfokus pada Career Management & Succession Planning, serta Talent Management
Chapter II : Pemahaman Tentang Coaching
  • Definisi coaching. Pemahaman dan arti penting coaching , perbedaan antara coaching dengan pendekatan lain (training, consulting, counseling, dan mentoring) serta waktu yang tepat untuk melaksanakan coaching
  • Jenis – jenis coaching. Corporate & Executive Coaching, Business Coaching & Life Coaching
Chapter III: Prinsip Alur Coaching
  • Alur coaching i-GROW. IntentionGoal RealityOptionsWillSimulasi coaching oleh Trainer dan Training Facilitator
Chapter IV: Kompetensi Seorang Coach
  • Penjelasan dan contoh 11 kompetensi inti yang wajib dimiliki seorang coach menurut standar ICF (International Coach Federation)
Chapter V: Managerial Competency – Leadership
  • Pemahaman Tentang Leadership. Definisi dan level kompetensi Leadership menurut Kamus Kompetensi 
  • PILAR I : Memimpin Diri Sendiri. Pemahaman tentang kepemimpinan & membangun pribadi kuat
  • PILAR II : Memimpin Tim Kerja. Situasional Leadership, peran dan tanggung jawab pimpinan, serta coaching and counseling
Chapter VI: Managerial Competency – Communication Skills
  • Pemahaman Tentang Communication Skills. Definisi dan level kompetensi Communication Skills menurut Kamus kompetensi
  • Aspek Penting dalam Communication Skills. Komunikasi interpersonal, komunikasi publik dan komunikasi tertulis
Chapter VII: Simulasi Coaching
  • Setiap peserta melakukan coaching dengan peserta lainnya secara berpasangan (one on one coaching)
Target Peserta
  • HRD/Human Capital: Staff, Supervisor, Manager
  • Non HRD/Human Capital: Supervisor, Manager
Mengapa Memilih Q.One Consulting?

Kami telah berpengalaman di bidang HR training dan consulting sejak November 2010. Didirikan oleh seorang praktisi dan akademisi dalam bidang MSDM dan didukung oleh tim yang terdiri dari para praktisi dengan spesialisasi di bidang HR, menjadikan kami yakin dapat menjadi mitra bisnis professional untuk organisasi anda.

Selain menjadi mitra bagi HR training dan consulting, Q.One Consulting (qoneconsulting.co.id) telah mengembangkan bisnis sebagai PJK3 dengan brand Lenterasafety (lenterasafety.co.id). Delapan tahun perjalanan bisnis kami, Q.One Consulting telah memiliki client lebih dari 100 perusahaan dengan 90% diantaranya adalah PMA Jepang yang tersebar di Kawasan Industri di Bekasi, Karawang, Jakarta, Tangerang, Bogor & sekitarnya.

INVESTASI

Rp. 2.750.000,- /peserta*
*)Special price untuk pengiriman >2 peserta, DISCOUNT Rp. 150.000,- / Peserta

FASILITAS PESERTA
  • Certificate
  • Lunch
  • Coffee Breaks
  • Goodie Bag
  • Block Note
  • Ballpoint
PERSYARATAN PESERTA

Membawa Laptop

VENUE

Hotel Santika, Cikarang
Jl. Raya Cikarang – Cibarusah, Pasirsari, Cikarang Selatan
Bekasi, Jawa Barat, 17530

PROFIL TRAINER

Slamet Ardyanto, SE., MM

Educational background
Magister Manajemen (S2) bidang Manajemen Sumber Daya Manusia

Professional Certifications

  • Certified Professional Coach by Coaching Indonesia
  • Certified Assessor Nasional BNSP
  • Certified Behavior Analyst (CBA)

HR Consulting & Training
Pendiri dari Q.One Consulting, berpengalaman sebagai Trainer dan Consultant di lebih dari 50 perusahaan

HR Practitioner Experience
Karir professional ± 15 tahun sebagai  praktisi HRD di Perusahaan PMA,  mengawali karir di PT. Sanyo Compressor Indonesia (SANYO Group),PT. Yamaha Motor Electronics Indonesia (YAMAHA MOTOR Group), dan Terakhir di PT. Unicharm Indonesia (UNICHARM Group).

Book Author
“High Impact Leadership”

Organizational Activities

  • Ketua Bidang Pembinaan Anggota, DPP Asosiasi Pengusaha Jasa K3 Indonesia.
  • Manajer SDM Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) OHSE Nusantara.
  • Anggota Bidang Diklat Asosiasi Praktisi HR Indonesia (ASPHRI)

Informasi selengkapnya, silahkan simak Video Profile berikut:

 

Silakan download katalog Q.One Consulting untuk info terkait profil perusahaan, program, jadwal training/workshop dan lainnya.

Tertarik mengikuti program training ini? Silakan daftar dengan mengisi form registrasi.

  • Rukan Sentra Niaga Kalimalang, Blok B3 No.14
    Jl. Jendral Ahmad Yani, Bekasi 17144

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *